Rabu, 10 Oktober 2018

Setting mail server domain gratis (Alternatif Google Apps)

Setting mail server domain gratis (Alternatif Google Apps)



Fasilitas layanan email server standar (built in) dari hosting atau domain pribadi biasanya memiliki banyak kelemahan seperti space harddisk & bandwith yang kecil, keterbatasan jumlah user, sering down, email sering tidak sampai / terkirim, spam dan masalah lainnya.
Dahulu kala para pemilik website dapat menggunakan Google Apps untuk mengirim email secara gratis, tapi sayangnya hal tersebut tidak memungkinkan lagi (harus bayar). Untungnya, ada layanan Alternatif Google Apps yang gratis agar website / domain dapat mengirim dan menerima email.
Zoho Mail adalah service yang akan kita pakai sebagai Mail server domain gratis; beberapa fasilitasnya (untuk email free) adalah user akun sampai 25 alamat email, 5GB storage, 1GB Docs Storage, POP/SMTP, custom sign-in, mobile apps untuk Android & iPhone, dll.

Cara Setting Zoho Mail – Alternatif Google Apps untuk custom domain email

Kunjungi https://www.zoho.com/, klik tulisan Sign up now. Masukkan alamat email serta password yang akan menjadi akun administrasi Zoho Mail. Setelah registrasi selesai, otomatis kamu akan masuk ke control panel Zoho.
Setting alamat email domain
Di control panel, klik ikon mail untuk melakukan setting awal. Disini kamu diminta untuk memilih jenis layanan yang diinginkan beserta biaya yang dibutuhkan. Tick pilihan Add your existing domain for Email Hosting with Zoho and create domain-based address. Select a plan to proceed. Pilih opsi Lite agar dapat membuat server email gratis di domain pribadi.
Zoho mail server domain
Di halaman berikutnya, tuliskan nama domain yang ingin diset agar Zoho menjadi Mail Server Domain, lalu klik tombol Continue. Di halaman selanjutnya pilih teks Setup”nama domain” in zoho.
enable mailhosting di zohomail server domain
Sebelum dapat digunakan, kamu harus men-verifikasi ownership dari domain yg telah diisi. Lakukan verifikasi nama domain dengan memasukkan CNAME, TXT Record atau dengan cara mengupload file HTML dari cPanel hosting.
cname txt html setting
Setelah verifikasi berhasil, supaya domain dapat mengirim dan menerima email dengan Zoho, kamu juga perlu mengubah MX RECORDS di bagian Configure Email Delivery dengan memasukkan text dibawah berikut.
Host/ Domain
Address/ Mail Server/ MX Entries/ Value
Priority
@/ Blank/ Domain name
mx.zoho.com.
10
@/ Blank/ Domain name
mx2.zoho.com.
20
@/ Blank/ Domain name
mx3.zoho.com.
50
Cara pengisian MX Record berbeda-beda tergantung penyedia nama domain yang dipakai (lebih lengkapnya lihat instruksi di halaman tersebut). Proses transisi dari mail server lama ke zoho mail biasanya memerlukan waktu 20 menit – 3 jam tergantung update propogasi DNS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar