Rabu, 10 Oktober 2018

Cara setting Gmail di applikasi Outlook supaya bisa kirim dan terima email POP/SMTP/IMAP

Cara setting Gmail di applikasi Outlook supaya bisa kirim dan terima email POP/SMTP/IMAP



Mengakses Gmail dapat dengan mudah dilakukan melalui applikasi di handphone, tablet ataupun langsung membuka dari website gmail. Tapi masalah akan mulai muncul bila alamat email yang dipunyai user ada banyak dan berasal dari provider surel yang berbeda-beda.
Oleh karena itu ada baiknya kita menggunakan applikasi email client supaya manajemen surel lebih teratur, tersentral, dan dapat dibackup offline. Di artikel ini Info teknologi akan memberikan tutorial Cara setting Gmail di Outlook agar dapat dapat mengirim dan menerima email.
Pertama-tama aktifkan setting SMTP/POP di Gmail supaya program mail client seperti Microsoft Outlook, Thunderbird, Mail (Windows 10) dapat berhubungan tanpa masalah dengan server Google. Buka Gmail langsung dari website, klik ikon gear dipojok kanan atas, lalu pilih Setting / Pengaturan.
Pindah ke tab Forwarding POP/IMAP, setelah itu aktifkan toggle Enable POP dan Enable IMAP seperti gambar dibawah.
setting gmail pop smtp
error gmail di ms outlook
Setelah selesai lanjutkan dengan membuka halaman Less secure apps di https://myaccount.google.com/lesssecureapps dan pastikan posisi toggle menjadi ON / menyala. (jangan lupa langkah ini, kalau tidak dilakukan maka “Gmail tidak bisa mengirim email dari Outlook”)

Cara setting Gmail di Microsoft Outlook

Buka Outlook kemudian masuk ke menu (File -> Account Setting -> Add or Remove Account …). Pada window Account Settings pilih tab Email > New > Manual Setup or additional server types > Next.
buat akun email baru
POP and IMAP Account Setting
Masukkan nama dan alamat email, Account Type pilih IMAP. Incoming Mail server=imap.gmail.comOutgoing mail server = smtp.gmail.com. Di bagian Logon Information isi username dengan alamat gmail lengkap kamu dan password diisi dengan kata sandi akun.
Outlook Internet E-mail settings
Klik More Settings maka akan terbuka windows Internet E-mail Settings. Di tab Outgoing Server, centang pilihan My outgoing server (SMTP) requires authentication. Pindah ke tab Advanced, masukkan nilai berikut; Incoming server (IMAP) = 993Outgoing server (SMTP) = 465. Klik tombol OK untuk menyimpan pengaturan.
Setelah selesai, kamu akan kembali ke halaman pada gambar 4. Dari situ klik tombol Next, maka secara otomatis Outlook akan melakukan pengecekan terhadap akun gmail yang kita masukkan dengan mencoba mengirim dan menerima email. Bila tidak ada masalah kamu akan langsung berpindah ke halaman utama Outlook dan langsung bisa menggunakan gmail di Microsoft Outlook 2010, 2013 atau 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar